Andi Life

April 28, 2015
0 Comments

Lontong Campur Kuliner Khas Glenmore

Tuesday, April 28, 2015

Sepintas ketika mendengar nama Glenmore, terdengar seolah-olah sebuah kota yang berada jauh di Benua biru Eropa, tapi jangan kaget jika ternyata kota Glenmore adalah sebuah kota kecil yang berada di kawasan sebelah Barat Kabupaten Banyuwangi.


Glenmore terletak di sebelah selatan Gunung Raung. Sebuah kawasan sejuk yang telah lama didiami oleh penduduk dari Madura sebagai penduduk Mayoritas, etnis lain yang tinggal di Glenmore diantaranya Jawa, Arab, dan Cina.

Memiliki hubungan sejarah  dengan Eropa sudah pasti, karena memang Glenmore adalah sebuah kawasan yang pernah dimiliki oleh sebuah Bangsawan Skotlandia yang bernama Ros Taylor. Sebuah kawasan luas yang berkoltur tinggi yang di beli Ros Taylor dari Gubernur Hindia Belanda pada tahun 1909. Wisatawan Belanda banyak yang mengunjungi Glenmore untuk sekedar bernostalgia sekaligus mengunjungi perkebunan karet, Kopi, coklat yang berada di area sekitar Glenmore.

Tapi kita lupain sejenak tentang sejarah Glenmore ini, kita tengok kuliner yang unik bernama lontong campur khas Glenmore. Sebelum pia Glenmore menjadi icon baru di jajanan dari Glenmore Banyuwangi.


Lontong campur ini sudah lebih dulu hadir bersama masyarakat Madura di Glenmore. Masakan ini merupakan cerminan warna pendalungan khas Kota Glenmore. Lontong campur ini diadaptasi dari makanan yang sama di Madura, tetapi kemudian di racik kembali dan modifikasi ulang dengan rempah-rempah khas tanah Jawa.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah goreng, kemudian dihaluskan dicampur dengan petis ikan Khas Madura, sedikit garam dan air. Yang selanjutnya sambal kacang ini di siramkan di atas irisan Lontong. Campuran Lontong dan sambal kacang tanah selanjutnya di campur lagi dengan kuah campur yang dibuat dari berbagai macam rempah seperti cengkeh, pala dan lombok merah.

Kuah yang berwarna kemerah-merahan ini dicampur dengan mie bakso, dan irisan daging sapi, dihidangkan dengan kerupuk ikan, wuih mantap...

Meski Lontong campur ini dulunya cuma bisa dinikmati oleh masyarakat etnis Madura, akan tetapi di Glenmore sudah familiar dengan masakan ini, bahkan Wisatawan Asing yang berkunjung ke Glenmore untuk menikmati suasana alam disana mencoba Lontong campur ini yang sangat unik.

Cukup dengan harga Rp.7.000,- kita sudah bisa menikmati Lontong campur ini, dan apabila berminat untuk berwisata sekalian ke Kota Bersejarah Glenmore. Kuliner juga bisa di nikmati di Area Pasar Glenmore yang terletak di antara Jember dan Banyuwangi sambil menikmati sejuk kawasan perkebunan yang mengelilingi Kota Glenmore.

0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top