Andi Life

May 13, 2015
0 Comments

Ulang Tahun Inge Lehmann Penemu Inti Bumi dirayakan Google Hari Ini yang ke 127

Wednesday, May 13, 2015
Inge Lehman Penemu Inti Bumi
Google Merayakan Ulang Tahun Inge Lehman

Ulang tahun Inge Lehmann, penemu inti bumi dirayakan di Google hari ini.

Begitulah kira - kira yang banyak dilihat hari ini tanggal 13 Mei 2015. Beliau adalah tokoh terkenal pada masa nya dahulu, seorang penemu Inti bumi.


Doodle khusus yang dipersembahkan Google untuk mengenang beliau di ulang tahun nya ke 127. Lehmann adalah seorang seismologis yang lahir pada 13 Mei 1888 dan meninggal pada 21 Februari 1993 di usia 104 tahun. Pada masa nya dahulu, beliau adalah satu - satunya seismologis dan penemu Inti bumi di Denmark.

Google Doodles Inge Lehman Inti bumi
Doodle dengan Animasi Keren dibuat oleh Kevin Laughin untuk mengenang Inge Lehman

Seperti R.A Kartini di Indonesia, Lehman seorang Pelopor di antara kaum perempuan dan seorang ilmuwan wanita saat itu. Pendidikan awalnya di sebuah sekolah mendukung kesetaraan antara laki - laki dan perempuan. Sangat kontras dengan pemikiran masyarakat Denmark pada saat itu. Niles Groes adalah keponakan Lehman yang sangat menolak dan memprotes apa yang dilakukan Lehman kala itu, “anda harus ingat tahu berapa banyak orang yang tidak kompeten aku harus bersaing dengan-sia-sia." tetapi, Lehmann tetap bersikeras dengan ambisinya.

Sebagai seorang pemikir kritis dan mandiri, lalu Lehmann menetapkan dirinya sebagai seismologis pada otoritas struktur mantel atas. Dia melakukan penelitian yang luas di berbagai negara. Manfaat luas dari penelitiannya adalah juga bisa digunakan untuk mendeteksi ledakan nuklir rahasia.

Atas penelitiannya ini, Lehmann menerima medali William Bowie pada tahun 1971, penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union. Ia digambarkan sebagai "master seni hitam dimana sejumlah sistem komputerisasi tidak mungkin menggantikannya secara lengkap.”

Ketika readers membuka halaman awal google hari ini terlihat animasi keren bumi yang terlihat inti bumi nya. Unik bukan? Google bukan sedang meramalkan kiamat hari ini tapi itu bukti bahwa semua yang dilakukan Lehman saat masa nya dulu dapat kita kenang pada zaman sekarang yang sudah sangat modern.

Jasa terbesarnya tentang penemuan inti bumi yang bisa dipakai untuk meneliti gempa bumi yang saat ini para ilmuwan memakainya, penelitian terus menerus tanpa henti dilakukan Lehman selama kurang lebih dua dasawarsa itu menghasilkan yang disebut inti luar bumi dan inti dalam bumi.

(wikipedia) Pada kemudian hari, dijelaskan bahwa inti luar adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km yang terletak di bawah mantel bumi, dan di atas inti dalam. Suhunya bisa mencapai 4030 derajat celcius. Dan inti dalam, adalah bagian paling dalam bumi, yang bentuknya bola padat dengan jari-hari sekitar 1200 kilometer. (wikipedia)

Penemuan beliau saat itu sangat penting bagi ilmuwan saat ini, yang terus dipakai untuk penelitian dan menjadi dasar pengetahuan tentang Seismologis. Itulah mengapa Google mempersembahkan doodles khusus yang dibuat oleh Kevin Laughin.

0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top