Andi Life

March 17, 2015
0 Comments

10 Fakta Unik Tentang sang Fir'aun Mesir (Tutankhamun)

Tuesday, March 17, 2015
Holla agan agan, kalo ngobrolin tentang penguasa mesir zaman dulu pasti langsung nangkap kalo Fir'aun yang menjadi penguasa zaman dulu.
Ada beberapa Fakta unik tentang Raja Mesir zaman dulu itu yang mungkin bisa bermanfaat untuk pengetahuan kita.


Raja Tutankhamun (Raja Tut) adalah Fir'aun yang paling terkenal di masa Mesir Kuno, namun paling pendek usia nya nya juga. Sedikit diketahui sebelum Howard Carter bekerja secara metodis, tapi penemuan makan sang Raja ini dipastikan mencari keabadian.

Pada 4 November 1922 Egyptologi terkenal menemukan makam Raja Tut, makam yang paling lengkap dan sangat terawat menurut keterangan nya.
Kenapa disebutkan berumur pendek, karena ditemukan cidera di tengkorak kepala nya yang kemungkinan mengalami kecelakaan sekitar tahun 1325 SM.
Berikut 10 Fakta Unik tentang Raja Tut :

1. Usia Muda saat menjadi penguasa Mesir itu, sekitar berumur 8 atau 9 tahun.

2. Diperkirakan pemerintahan Raja Tut hanya 10 tahun dari 1333 hingga 1324 SM.

3. Para ilmuwan menggunakan teknologi untuk mengungkap kematian Raja tut. Terdapat 2 teori tentang kematian Raja itu, ada bekas luka akibat hantaman benda tumpul dibelakang kepala nya. Entah disengaja dibunuh atau bukan. Dan juga ada bekas luka di bagian kaki nya.

4. Raja Tutankhamun kemungkinan besar menikahi saudari nya sendiri, salah satu Putri dari ayah nya yang menikah dengan perempuan lain.

5. Dari Tutankhamun telah lahir Tutankhaten. Ayah Tutankhamun yaitu Akhenaten ingin supaya warga mesir hanya menyembah satu Tuhan yaitu Dewa Matahari Aten bukan banyak Dewa yang sudah disembah, dan Dewa Amun utama.

6. Meskipun Raja Tutankhamun paling terkenal sebagai Fir'aun Mesir, tapi setelah kematian nya, berakhir dengan sangat cepat. Penguasa Mesir setelah kematian Tutankhamun, adalah penerus Horemheb. Banyak monumen yang bertuliskan nama Tutankhamun, diyakini bahwa dia memegang peranan penting hingga saat ini.

7. Diketahui bahwa Raja Tutankhamun tetap masih tersimpan di makamnya di Lembah Para Raja di Luxor Mesir.

8. Setelah penelitian yang dilakukan tahun 2005 dengan scan tubuh Tutankhamun, bahwa Raja Tutankhamun memiliki tinggi badan sekitar 180 cm.

9. Tutankhamun tidak memiliki anak meskipun Ankhesenpaaten mengalami keguguran 2x. Mayat Bayi nya ditempatkan di Makam Tutankhamun dalam peti makti kecil.

10. Banyak peristiwa aneh terjadi setelah penemuan makan Tutankhamun.



Semoga Bermanfaat...

SUMBER

0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top