Andi Life

March 24, 2015
0 Comments

Apakah Kita Harus Bersyukur

Tuesday, March 24, 2015





Assalamualaikum Wr Wb.

Saya sedikit menulis tentang rasa syukur, untuk apa yang sudah didapatkan, semoga pembaca mengambil segi positif dari yang saya tulis.

Kita sebagai manusia yang hanya hidup sementara di dunia ini, dengan banyak kesenangan dan kesedihan. Keinginan manusia akan kesenangan hidup ini seolah ga ada batasnya. Setelah terpenuhi satu keinginan, akan muncul keinginan yang lain, dan begitu seterusnya. Hingga segala cara akan ditempuh demi menggapai keinginan akan kesenangan atas segala hal yang bersifat duniawi, tidak peduli lagi baik atau buruk cara untuk mendapatkannya. Yang penting dapat hidup senang bergelimang harta dan memiliki kedudukan.
Cara membentengi kita dari hal tersebut adalah sengan cara bersyukur. Apakah kita tau hal yang tidak pernah kita sadari sebelum nya bahwa setiap kali kita bangun di pagi hari dapat bernafas, jantung yang masih berdetak, masih bisa menikmati alam ciptaan Allah Swt adalah suatu Nikmat yang luar bisa, apakah kita sudah bersyukur akan hal itu? Keluarga yang masih menyayangi kita dan selalu hadir di masa hidup kita.

Bersyukur akan menjadikan kita tetap rendah hati dan jauh dari sifat sombong sebab kita menyadari bahwa semua yang ada pada diri kita sekarang adalah pemberian Allah semata. Bersyukur akan membuat jiwa kita diliputi kasih sayang, baik kepada sesama manusia maupun alam. Sebab, dengan kesyukuran kita, kita akan memiliki kesanggupan untuk berbagi dan melindungi. Bukan mengeksploitasi dan menerkam sesama manusia. Rasa syukur akan membuat hati dan jiwa kita tenteram. Kita tidak akan gelisah oleh banyaknya keinginan yang belum terpenuhi dan ambisi yang belum tercapai. Sungguh syukur akan membuat hidup kita menjadi indah dan bahagia. Allah pun memerintahkan kepada manusia agar senantiasa bersyukur. Allah juga menjanjikan bahwa siapa yang bersyukur pasti akan ditambah nikmatnya, Amin YRA.

Sifat penuh rasa syukur akan memuliakan kedudukan seorang insan. Sebaliknya, tanpa rasa syukur, seseorang hanya akan menjadi pribadi pengeluh, selalu merasa kurang, tidak ingat untuk berbagi, bahkan sanggup melakukan cara apa saja demi mewujudkan ambisi atau menyesap kesenangan hidup yang tiada berujung.
Kita dapat menjadi hamba Allah yang mudah bersyukur dengan membiasakan diri melakukan hal-hal berikut ini.


  • Melihat ke bawah untuk urusan duniawi. Dengan melihat ke bawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dan jauh lebih kaya dibandingkan jutaan manusia di muka bumi ini. Banyak saudara kita yang tidak dapat makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit parah, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Dibandingkan dengan mereka, bukankah apa yang ada pada diri kita jauh lebih baik? Jadi, tidak ada alasan kita tidak bersyukur.
  • Selalu mengingat nikmat yang kita terima dari Allah. Kita tidak mungkin dapat menghitung nikmat yang kita terima dari Allah SWT saking banyaknya nikmat tersebut. Namun, selalu mengingat sebagian nikmat tersebut akan membawa kita pada rasa syukur.
  • Selalu mengucapkan alhamdulillah. Ucapan alhamdulilllah yang kita ucapkan setiap kali mendapatkan karunia dari Allah akan mengingatkan kita betapa Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, yang selalu memberikan yang terbaik bagi manusia. Ucapann ini akan mengingatkan kita agar tidak lupa bersyukur.
  • Membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih yang kita ucapkan setiap kali menerima kebaikan dari orang akan membiasakan kita untuk senantiasa bersyukur atas hal baik yang kita terima.
  • Berhenti mengeluh. Ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan, kita kerap kali tergoda untuk mengeluh. Mulailah mengubah kebiasaan ini. Lebih baik berhenti mengeluh dan segera produktif berkarya sehingga hasil yang baik akan kita dapat dan kita pun akan lebih mudah bagi kita untuk bersyukur.

Ini sedikit tulisan tentang rasa syukur kita terhadap apa yang sudah kita dapatkan dan miliki kepada Allah Swt,,

Semoga Bermanfaat..... :)



0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top