Andi Life

April 02, 2015
2 Comments

Bahaya Rokok dan Apakah Kita Siap Untuk Berhenti Merokok?

Thursday, April 02, 2015




Seperti yang kita tau bahwa rokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar saat ini, ahli kesehatan mengungkapkan, rokok adalah penyebab terbesar kanker. Penggunaan rokok sendiri menyebabkan 22 persen kematian sekitar 8,2 juta orang karena kanker. Ada dua jenis rokok, rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaring nikotin.  Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Sekali lagi, sebuah studi memperlihatkan bahwa merokok tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri namun juga bagi lingkungan sekitar mereka. Sudah jadi rahasia umum bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada satupun manfaat sehat dari merokok. Yang ada, rokok akan membunuh seseorang pelan-pelan.

Makin banyak perokok aktif, makin banyak perokok pasif. Sedikit banyak, perokok pasif akan terkena dampaknya juga. Karena itu, untuk menumbuhkan kesadaran pada bahaya rokok, Kita bisa menyebarkan fakta-fakta di bawah ini, dilansir oleh factslides.com:

  • Merokok menjadi 1 dari 5 penyebab kematian di Amerika setiap tahunnya.
  • Setiap rokok yang Kita hisap dapat memotong usia Kita sebanyak 11 menit.
  • Dalam 1 batang rokok mengandung lebih dari 4.800 bahan kimia. Sebanyak 69 di antaranya diketahui sebagai penyebab kanker.
  • Sebanyak 69 persen perokok ingin berhenti merokok selamanya.
  • Setiap hari, hampir 4.000 remaja di Amerika Serikat merokok untuk pertama kali.
  • Sebanyak 1.000 di antara mereka mulai merokok setiap hari. Hampir tidak ada larangan merokok untuk anak-anak. Di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, yang tidak boleh dilakukan anak-anak adalah MEMBELINYA.
  • Terpapar rokok dari perokok (perokok pasif) dalam menyebabkan 50.000 kematian setiap tahun. Angka yang sangat besar itu baru di wilayah Amerika Serikat, jika ditotal di seluruh dunia, angkanya akan lebih besar lagi.
  • Setiap hari, di seluruh dunia, sebanyak 15 miliar batang rokok dihisap. Hitler adalah orang terkenal pertama yang melakukan kampanye anti rokok pada sejarah modern.
  • Dulu, saat warga Eropa baru mengenal rokok dari warga asing, mereka yang merokok akan ditangkap dan dibawa pulang ke rumah, karena orang tersebut dianggap kerasukan setan.
Bagaimana kiat berhenti merokok untuk menghindari bahaya rokok bagi kesehatan? Berikut opini bagaimana cara untuk berhenti merokok:
  • Membangun komitmen pada diri kita sendiri untuk benar-benar berhenti merokok.
  • Meminta orang-orang terdekat untuk dapat membantu kita berhenti merokok, dengan mengingatkan kita disaat kita mulai mau mendekati barang berbahaya itu.
  • Banyak berolahraga dan aktifitas lain untuk menyibukkan diri.
  • Bawalah selalu permen untuk memanjakan bibir disaat keinginan anda dalam merokok sangatlah memuncak.

Demikian penuturan saya mengenai bahaya rokok bagi kesehatan kita,

Semoga Bermanfaat.

2 Comments:

  1. Sayang lho duit dibakar-bakar :))
    Ini ada tips bagus buat meningkatkan produktifitas, Kak :D
    https://heydeerahma.wordpress.com/2015/03/30/cara-meningkatkan-produktifitas-kerja/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener banget,,

      Aku udah baca kak, keren tips nya makasih ya,, aku juga udah tinggalin komentar tentang produktivitas kerja.

      Makasih udah singgah di blog ku..

      Delete

 
Toggle Footer
Top