Andi Life

April 19, 2015
0 Comments

MAAG? Jangan Dianggap Sepele!

Sunday, April 19, 2015



Banyak sebutan untuk penyakit Maag ini dan ngga sedikit juga yang sering terserang penyakit Maag. Maag atau kata lain asam lambung yang merupakan penyakit dimana ketika lambung terjadi iritasi karena peradangan dan pembengkakan.

Saat penyakit ini datang bisanya seseorang akan merasa seperti disayat-sayat dengan pisau, saat gejala tersebut menyerang bisanya perut dalam keadaan kosong. Kebanyakan dari mereka menyepelekan gejala yang timbul tersebut. Pada dasarnya maag dibagi menjadi 2 bagian yaitu, maag akut dan maag kronis. Biasanya maag terjadi akibat kondisi yang tidak baik, dan peradangan pada lambung. Peradangan pada lambung diakibatkan adanya bakteri Helicobacter Pylori, bakteri tersebut memicu terjadinya pemborokan pada lambung.

Penyakit maag akut terjadi karena stress, mengkonsumsi zat-zat kimia tertentu, serta makan makanan yang banyak mengandung asam. Biasanya gejala tersebut jarang terjadi, namun biasanya terjadi gejala cegukan beberapa kali. Makanan dan minuman yang memicu terjadi maag yaitu kopi, teh ataupun minuman-minuman lain yang mengandung kafein. Coklat juga ternyata bisa memicu terjadinya maag, karena coklat mengandung zat konsentrasi teobromin yang dapat melemaskan otot LES.

Makanan berminyak dan berlemak, karena makanan tersebut cenderung lama untuk dicerna tubuh. Hal tersebut membuat tekanan didalam lambung naik dan naik ketenggorokan. Ternyata tomat dan makanan-makanan yang lain, mengandung tomat juga mengakibatkan asam lambung naik. Pola makan yang salah juga dapat memicu terjadinya asam lambung. Karena saat posisi tiduran dengan keadaan perut kenyang dapat terjadi penekanan katup les yang mengakibatkan makanan naik ke kerongkongan.

Pakaian terlalu ketat juga bisa memicu terjadinya asam lambung, kebiasaan menggunakan korset dan mengencangkan ikat pinggang akan menekan makanan yang ada dalam perut naik ke katup les.

Tumbuhan herbal yang dapat meringankan asam lambung antara lain: jahe merah berguna untuk anti radang pada lambung. Akar manis, dapat menyembuhkan tukak pada lambung. Selanjutnya, kunyit berkhasiat mengurangi kadar asam pada lambung.

Semoga bermanfaat...

0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top