Andi Life

May 13, 2015
One Comments

Memulai Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Wednesday, May 13, 2015
Memulai usaha sampingan dengan modal kecil

Mulai masa depan dengan membuat usaha sampingan

Modal Kecil Untuk Usaha

Masalah klasik yang sering menjadi hambatan saat akan memulai usaha adalah Modal. Modal sering dianggap syarat mutlak dalam membuka sebuah usaha.

Kebanyakan ketika mendengar kata modal, hal yang terlintas dalam fikiran adalah uang. Padahal modal untuk memulai usaha sampingan sebenernya tidak hanya uang tetapi berupa relationship yang banyak, supel, keahlian khusus, keterampilan, dan paling penting niat kita untuk memulai usaha, pengalaman, keberanian untuk mengambil resiko dan masih banyak lagi. Usaha sampingan bisa saja kita lakukan dengan cara fokus terhadap keahlian khusus yang kita miliki yang tidak membutuhkan modal besar. Apabila punya niat yang kuat untuk memulai usaha, maka fokus pada kelebihan yang dimiliki. Segala kelebihan yang kita miliki bagusnya terus di asah, dikembangkan dengan berbagai cara, ditekuni supaya berjalan lancar dan menghasilkan.

Sangat disayangkan, kebanyakan orang sering tidak menyadari bahkan tidak mengetahui potensi yang dimiliki, yang dapat difungsikan untuk memulai usaha sampingan dengan modal yang kecil. Untuk mengetahui potensi diri kita dalam memulai usaha sampingan dengan modal kecil adalah dengan beberapa cara ini :

Cara sukses usaha sampingan dengan modal kecil

Tekun, Mengetahui Potensi diri agar sukses dalam usaha

Bidang Usaha yang Diminati

Ketika akan memulai suatu usaha, yang diperlukan adalah memiliki minat atau bahasa keren nya Passion di Bidang usaha yang akan kita mulai. Minat akan mendorong untuk lebih Tekun lagi dalam menjalankan usaha itu dengan modal yang kecil kita serius, bergairah, tanpa paksaan, bahkan suatu titik kita bisa melakukan usaha sampingan tersebut secara sukarela tanpa dibayar dengan sepenuh hati. Jika bingung, kita bisa bertanya tentang pertanyaan 4 E kepada diri sendiri. Pertama apakah Enjoy dalam menjalankan usaha nya, kedua apakah Bidang usaha itu sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang kita miliki akan membuat Easy atau mudah. Ketiga apakah usaha tersebut Earn / menghasilkan untuk kita. Dan keempat apakah Excellent / bisa mencapai hasil yang optimal.


Membaca, Melihat dan Merasa

Dengan memperbanyak pengetahuan dengan Membaca berbagai sumber dari internet, Koran, Majalah atau dari apapun yang dapat menjadikan peluang usaha sampingan dengan modal kecil serta merasakan kemungkinan perkembangan usaha itu dikemudian hari.

Bertanya Kepada Orang Terdekat atau Perbanyak Relasi

Apabila kita mau memulai usaha tidak ada salahnya Bertanya dan survey kepada orang - orang terdekat kita, teman, orang tua, atau siapapun yang bisa memberikan advice baik untuk kita memulai usaha sampingan dengan modal yang kecil juga sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Berani Mencoba Hal Baru

Keberanian yang kita punya untuk mencoba hal - hal baru yang tidak pernah terfikirkan orang lain dapat mendorong usaha sampingan dengan modal yang kecil untuk semakin berkembang dengan didukung strategi pemasaran yang tepat secara offline dan online.

Beberapa ide untuk Usaha Sampingan dengan Modal Kecil :

Terdapat beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil yang mungkin bisa menginspirasi untuk yang mau memulai usaha sampingan dengan mandiri :

  1. Les Private bagi yang menguasai suatu hal yang positif, usaha les private yang dilakukan dirumah dengan memanfaatkan keahlian yang kita punya di waktu luang atau sepulang bekerja.
  2. Usaha Voucher Pulsa atau Konter Pulsa dengan modal kecil, kita bisa memulai usaha sampingan ini dengan menggunakan handphone dan membeli di agen pulsa yang dikenal dan terpercaya. Bisa dilakukan di tempat kerja dengan menawarkan jasa pembelian pulsa.
  3. Usaha online Shop cara yang sedang marak saat ini, berkembangnya teknologi zaman sekarang menjadi peluang usaha dengan modal kecil, membuka toko online dengan menjual produk ringan seperti makanan, baju, gadget, kosmetik, aksesoris dan masih banyak lagi. Kelebihan usaha sampingan jenis ini adalah waktu kerja nya yang fleksibel dan strategi pemasaran nya yang cukup mudah.
  4. Membuka jasa Install software HP, software komputer, edit foto atau edit film sesuai dengan keahlian yang kita miliki. Usaha tersebut harus dengan keahlian yang benar benar kita punya agar para pelanggan yang menggunakan jasa kita puas dengan yang kita berikan.
Dan masih banyak lagi usaha sampingan dengan modal kecil, dengan menggunakan keterampilan dan keahlian yang kita punya untuk pertimbangan kita memulai masa depan yang cerah apabila kita menekuni usaha tersebut. Tapi kita harus mempersiapkan mental terlebih dahulu karena segala usaha yang akan kita jalani memiliki resiko. Harus memiliki kreatifitas dan relasi yang terus kita kembangkan supaya usaha yang kita jalanan terus berkembang juga.

Semoga bermanfaat.

1 Comments:

 
Toggle Footer
Top